Posted by : Forum Iptek Pembangunan SMKN 1 Cimahi Monday 27 May 2013

Apa itu HTML?
HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.

Mungkin HTML ini akan dikenal di SMKN 1 Cimahi, oleh siswa/i Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer Jaringan.

Tentunya Fortek yang "unggul" di kolaborasi 9 kompetensi keahliannya, juga mempelajarinya.
Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " <", " >" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka " <…>"dan diakhiri dengan tag penutup " </…>". Kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas :html, head, title,body dan yang lainnya ini disebut dengan Elemen HTML.
Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor="0000ff">, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).
Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka " <html>" dan tag penutup " </html>" dan yang berada diantaranya merupakan isi atau konten dari elemen html tersebut. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama.

HTML memiliki struktur dasar, susunan yang ada di dalam suatu halaman HTML yang wajib ada didalamnya. jikalau struktur ini tidak ada, maka halaman HTML akan tak dapat bekerja dengan baik.
Tag HTML
tag HTML terdiri dari 2 bagian, opening/start tag dan end/closing tag.
<html> = opening tag
</html> = closing tag 
Keterangan Lain
1. didalam tag <head> anda bisa menambahkan meta tag, css, dan JS yang berfungsi mengatur tampilan (warna, ukuran font, dan lainnya) pada halaman HTML.
2. didalam tag <body> anda bisa menambahkan tag apa saja yang berfungsi untuk mengatur tampilan susunan halaman.

Untuk memulai belajar HTML, bagi kalian yang menggunakan Windows dapat menggunakan Notepad sebagai software editor-nya, bagi kalian yang menggunakan Linux (semisal Ubuntu) bisa menggunakan gedit atau software editor lainnya yang tersedia di OS tersebut.
Ketikkan kode seperti ini:
<html>
<head>
<title>Judul Web HTML</title>
</head>
<body>
Belajar HTML
</body>
</html>
Save dokumennya bebas dengan akhiran file ekstensi *.html
Setelah itu buka menggunakan browser kalian, lihat apa yang terjadi.

Oke, cukup dulu "belajarnya" nanti dilanjutkan lagi.

Referensi :
1. Belajar HTML
2. w3schools
3. Struktur Dasar HTML

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Makasih tutorialnya kang. Baru belajar coding nih

    ReplyDelete

Pencarian

Terpopuler

- Copyright © Forum IPTEK Pembangunan SMKN 1 Cimahi -